Monday, April 30, 2007 |
Yamaha V-Ixion Mau Diproduksi Massal |
Motor sport Yamaha V-Ixion bisa dilihat di The 3rd Jakarta Motorcycle Show (JMS). Diprediksi bakal diproduksi massal. Melengkapi varian motor laki garputala kapasitas kecil dengan dukungan teknologi maju. Nasibnya pasti akan sama dengan Yamaha Jupiter MX 135LC atau Spark 135 Thailand. Ketika itu prototipenya juga dipajang di Bangkok Motor Show 2005 lalu. Waktu itu namanya Yamaha Tachyon. Bahkan speknya dirahasiakan, sebab waktu itu sudah beredar gosip bebek Yamaha 135 cc. Nah, V-Ixion pasti begitu.V-Ixion ini motor pajangan fresh alias belum pernah dipajang di pameran motor manapun. Jadi bukan display eks Tokyo Motor Show tahun lalu macam FC-Me. Hebat! Pasti motor baru Yamaha yang digosipkan selama ini.
Mau dijual massal? Kalau tanya ke Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) pasti nggak dijawab dengan sebenarnya. Apalagi tanya ke bagian promosi atau iklan. Mana tahu mereka. Itu strategi marketing. He he he……“Ini langsung dibawa dari kantor pusat Yamaha Motor Company (YMC) di Jepang. V-Ixion cuma ada satu, jadi mesti ekstra hati-hati,” buka Herry Setianto, manajer promosi PT YMKI.
Perlakuan khusus untuk V-Ixion seperti saat akan masuk ruang pamer Jakarta Convention Center (JCC), motor 4-tak 125 cc nggak boleh didorong langsung. Alhasil dari boks, V-Ixion dikasih alas papan kayu (pallet) lalu dinaikkan ke troli khusus, baru deh dibawa ke dalam. Ribet!Belum lagi syarat, bodi motor futuristis ini nggak lecet sedikit pun. Pantas saja V-Ixion diset di panggung paling tinggi dengan penjagaan petugas security ekstra ketat. Jadi dilihat boleh, dipegang jangan!Tapi, rasanya sederet perlakuan di atas pantas kok. Karena V-Ixion seolah jadi ikon ambisi Yamaha membuat muscle bike khas versi Asia Tenggara. “Emang motor ini dirancang khusus untuk pasar Asia dengan cc kecil,” bisik Pak Heri. Jadi diproduksi dong?Beberapa komponen V-Ixion disumbang dari seniornya, YZF-R6. Sebut saja injakan kaki (footpeg), kaliper 4 piston radial mounting berikut master rem. Batok lampu depan dicomot dari MT-03. Tampangnya jadi kekar! Detail lain haram dilewatkan. Seperti lengan ayun dengan setelan rantai ala motor enduro. Knalpot kolong (underseat muffler) yang kinclong berkat rona titanium. Tonjolan di tangki ikut dikasih lampu LED sampai bodi kit terbuat dari serat karbon. Tapi urusan mesin mirip dapur pacu Jupiter MX tapi rada beda spek nih. Karena cuma 2 klep, konfigurasi piston square yaitu gabungan bore x stroke 54 mm hingga transmisi manual 5 kecepatan.Buat pabrikan sebesar Yamaha tentu bukan perkara besar seumpama memproduksi V-Ixion, tinggal ubah basis mesin Jupiter MX tambah sasis deltaboks. Jadi deh!Begini Seharusnya Modif!Bisa didapat pelajaran berharga saat mencermati setiap inci bagian V-Ixion. Semua dalam ukuran pas atau proposional. Meski mesin 4-tak berpendingin air cuma berkapasitas 125 cc tapi diimbangi bodi minimalis dan kaki yang sedang-sedang saja.Spesifikasi TeknikMesin 4-tak pendingin air 2 katup SOHC Bore x stroke 54 x 54 mm Kompresi 10,0 : 1 Transmisi 5 kecepatan constant mesh Sok depan Upside down Sok belakang Monosok Dimensi 1.885 mm x 795 mm x 1.085 mm Tinggi jok 805 mm Sumbu roda 1.270mm Berat kosong 84 kg
|
posted by Elok Motor Club @ Monday, April 30, 2007 |
|
|
|