Tuesday, May 1, 2007 |
Kaca Spion... musuh atawa teman .... ? |
Allo bros n bikers semua....
Percaya deh bro n ente semua yang pake kendaraan bermotor .. baik mobil atawa motor pun pasti kenal yang namanya kaca spion, tapi bukan spionase lho ya... nanti nyaingi 007 lagi ..
Untuk mobil .. Berarti suatu keharusan alias sebagai mata kita tuk melihat ke belakang, baik saat parkir, atret ato pas jalan2 dengan bini, pacar atopun temen. Coba tanpa spion, kita kaya jalan di rimba raya yang gelap .... (bukan remang2 lho). Waktu parkir n atret kepala harus nongol keluar tuk liat jalan, ntar terantuk pilar lagi... (pengalaman pribadi nih.....)
Untuk motor ... (ni yang perlu dicermati lebih...) Wahai para pemuda (utamanya) n pemudi harapan bangsa !! Banyak kita lihat di jalan raya berseliweran motor tanpa kaca spion.. apa nggak ngeri tuh ? Waktu mo nyebrang ke kanan ato ke kiri, kepala (yang tertutup helm dan kacanya) harus nengok ke belakang.. otomatis perhatian n konsentrasi terpecah antara penglihatan ke belakang n ke depan (sambil ngegas pasti...). Nggak usah dibayangkan aja deh akibatnya... Ngeeerrriiii !!!!
Biasanya kaca spion bawaan manufacturer alias pabrik pasti dipasang 2, kanan n kiri. Biasanya, anak muda nggak mau ada tanduk tersebut, makanya kebanyakan dilepas... ato diganti dengan spion variasi yang kadang kalo diliat dekat wajah kita keliatan hanya matanya aja, soalnya kacanya flat alias nggak cembung...
Based on expert comment .... ceileee english bo', ada beberapa syarat utama untuk pemasangan kaca spion tsb. Patokan itu about kaca. Spesifikasi teknis yang dipakai : reflection rate 80%, distorsion rate maks 7% n sisi kiri kanan harus simetris. Weleh bahasanya belipet bikin lidah ruwet .... Intinya, bentuk kaca kudu memudahkan pengendara melihat jelas bagian belakang motor.
Selain itu, safety design juga perlu dipertimbangkan. Misal antisipasi gangguan handling saat kena benturan. Bisa pilih desain sambungan fleksibel
Menurut pengalaman, (bukan 'coz aku pemakai Yamaha lho ya ..), Yamaha boleh unggul soal desain safety ini. Soalnya, mereka punya arah putar ulir baut khas n udah paten. Sehingga spion kanan-kiri tidak takut mengganggu handling. “Arah putar membuat spion akan mengikuti arah benturan dari depan. Sehingga, bukan setang yang terganggu, tapi spion otomatis ngendorin,” jelas M. Abidin, Manager Technical Department, PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI). Ini udah kubuktiin waktu jatuh tempo hari ... walah jatuh kok bangga... Pas setang bentur ke aspal, kaca spion motorku muter (kendor) sehingga tidak patah. Ini pun ada satu syarat, ngencengin bautnya jangan pake kunci inggris sampe sekenceng mungkin... Abis kalo kenceng ... nanti terlalu kontraksi... halah... apaan sih...
Cheese n be tuned here ... Bagoes DW
|
posted by Elok Motor Club @ Tuesday, May 01, 2007 |
|
1 Comments: |
-
Salam biker.... Mohon tanya, rumah saya di ngaliyan. Motor saya spin baru umur seminggu kesrempet trus baret2. Kira-kira bengkel body repair di semarang di mana ya, mohon kasih petunjuk, matur nuwun. ikiengel@gmail.com
|
|
<< Home |
|
|
|
|
|
Salam biker....
Mohon tanya, rumah saya di ngaliyan. Motor saya spin baru umur seminggu kesrempet trus baret2. Kira-kira bengkel body repair di semarang di mana ya, mohon kasih petunjuk, matur nuwun. ikiengel@gmail.com