Allo Bro…..baek-kah kabarnya..? Lama nih kaga posting masalah motor….Setelah sekian lama akhirnya gw dapet artikel baru tentang Mio 2007…. Yamaha lagi…. Sorry tuk merk laen…. Abisnya dapetnya baru tuk Yamaha…. Itupun ngambil dari artikel tetangga …. Dari negeri Gajah Putih … tahu khan … Thai punya…. Buruan deh… ni artikelnya….
Yamaha selaku “pelopor pasar matic Indonesia” (bukan berarti pelopor matic lho ya..), sedikit khawatir dengan bermainnya merk laen di sini… dari Vario, Free LX and spin, maka dengan gegap gempita di Thai sana mereka ngeluarin varian baru matic dengan Fino (tuk yang suka Retro Classic) and Mio ZR (istilah sana tuk Mio 2007). Perubahan Mio 2007 sebenarnya hanya tuk ganti baju aja… tapi juga menarik tuk disimak… seperti berikut :
1. Head lamp Bentuk lama yang suka nempel di stang diganti dengan model Nouvo yang terkesan lampu Bego… ga bisa tengak-tengok… namun hanya satu lampu dengan format Bulet yang divariasi ama lampu Sign… Jadilah dada si Mio terkesan ehem… nggak ramping lagi…
2. Cover Stang Untuk cover stang masih gunakan cover Nouvo yang lebih pas adalah stang Jupie MX.
3. Speedometer Ini yang terkesan Futuristik… dengan tampilan yang ampir kaya MX, dengan panel bensin di bawah.
4. Footstep Mio lama yang sering menerima keluhan boncenger karena Footstepnya oleh Yamaha diubah pada keluaran taon ini. Footstep baru dibuat senyaman mungkin dengan tidak hanya asal temple seperti keluaran Mio baru 2006.
5. Variasi Bagasi Tuk Mio yang lama, owner sering nyari ram variasi tuk bagasi luar di temple pada dek depan… Nah tuk kali ini Mio 2007 hadir dilengkapi tempat barang tersebut di kanan dan kiri kunci.
6. Kunci Mio 2007 nganut pasar yang gunakan Magnetic key shutter yang agak sulit bila dibandrek….
7. Back Headlamp Dibuat varian baru……….. kayaknya mirip New Vega-R punya nih… desain begel (pegangan belakang pun ngikuti bentuk backlamp ini…… keliatan kompak…)
8. Varian Mio 2007 Mungkin juga nggak begitu banyak kaya pendahulunya… Ada yang CW (dengan velg racing) and jari2…..
9. Mesin Kayaknya Yamaha ogah mo ngoprek mesin…. Kapasitas Mio 2007 masih ngandalin mesin lama dengan kapasitas 113.7 Cc… sayang ya…andaikan ada ubahan dengan mesin baru…. Pasti….. Tap kaga apa2 lah… gitu aja juga udah bikin deg2an drivernya… abis tarikan Mio emang maut… apalagi diganti dengan karbu Mikuni 28 (punyanya si Raja… RX King)… dijamin yahuud. Gw pernah ganti karbu tsb…hasilnya… wow…Mio nih lari tiada abisnya… cuman tambah haus nih motor…
10. Ban Sayang lingkar velgnya masih gunakan yang lama dengan diameter 14”. Andaikan diganti kaya Nouvo yang 16” pasti lebih stabil. Pengalaman pribadi nih… dengan ban 14”… handling waktu kecepatan tinggi nggak begitu bagus… lagian kalo bocor apa robek susah nyari ganti ban dalamnya… harus bawa serep… Mio gw sekarang diganti dengan velg 17” (bebek punya)… biar kalo bocor mudah nyari ban dalamnya….hanya saja harus nglepas filter… nyangkut sih…. Tarikan awal agak berat tapi waktu top speed lebih panjang… soalnya selisih jangkauan roda…. 3”…. Jadi lebih bisa napas…
Gambar Mio 2007 lengkap gini…
Gitu dulu ah… nanti sambung lagi… bagaimanapun juga…. Yang penting inovasi terus ya… nggak asal ganti striping……….. Be succeed…………..